Pemimpin Muda

Pemimpin Muda

Ideologi dan Propaganda

on Sabtu, 18 Oktober 2008


Baik disadari atau tidak perusahaan, partai politik, pemerintah, bahkan kelompok agama dan semua entitas yang mempunyai kepentingan melakukan kegiatan propaganda sebagai salah satu alat untuk mempengaruhi kelompok lain.

Berbagai kelompok penghusung ideologi menjadikan propaganda sebagai bagian dari usaha penyebaran pemikirannya. Ada yang dengan sadar menerapkan teknik-teknik propaganda misalnya dengan membentuk tim atau divisi propaganda seperti Nazi dengan badan propagandanya yang dipimpin oleh Goebbels. Meskipun ada juga sebagian dari kelompok-kelompok penghusung ideologi tersebut yang tidak sadar bahwa ia sedang melakukan kegiatan propaganda.

Namun dapat dipastikan bahwa semua kelompok ideologi melakukan kegiatan propaganda dalam penyebaran dan pembumian pemikirannya.

Kenapa?karena propaganda bisa mengubah paradigma dan menanamkan sikap. Sikap yang sesuai dengan yang diinginkan oleh sang propagandis atau pelaku propaganda. Sikap itulah yang diharapkan mampu menggerakkan khalayak, sekali lagi dengan gerakan yang sesuai dengan keinginan sang propagandis tentunya.

Propaganda begitu mendominasi kehidupan kita. Setiap saat setiap tempat selalu dipenuhi dengan informasi yang bermuatan propaganda.

(Sampai di sini dulu, insya allah bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar